Ilmu Saham | ISX Stock Market Resource Center

Elliot Wave View of JCI and DJI from Satrio Utomo (14 Apr 09)

Posted in from CLUB, from Stock Expert by ilmusaham on April 14, 2009
Repost notes yang saya tulis awal April lalu…. mulai kejadian di hari-hari ini…

hehehe…

(gitu kok analis teknikal disuruh baca berita…. analis teknikal itu bisa aja jauh didepan berita… asal tahu caranya….)

———–

Kalau kita cermati disekitar kita, kita masih mendapati banyak analis fundamental yang belum bullish, padahal, market sudah bergerak lebih dari 10% dari bottomnya. Pertanyaannya: kapan sih mereka akan berubah menjadi bullish?

Marilah kita melihat gambar berikut ini:

Kita baru saja keluar dari Wave 2. Pada wave 2 ini ditandai dengan kondisi fundamental yang lebih jelek, tapi tidak bisa menekan harga turun lebih dalam dibandingkan dengan titik terendah sebelumnya. Dow mencetak titik terendah yang baru pada bulan Maret ini. Akan tetapi, penurunan IHSG hanya tertahan oleh support di 1261. IHSG tidak membuat titik terendah baru seperti yang diharapkan oleh banyak analis fundamental pada bulan Januari. Dan kemudian DJI rebound, dan IHSG mengikuti. Rebound yang terjadi, masih terada ‘irrasional’ bagi analis fundamental.

Sekarang.. dilihat dari posisi penutupan DJI semalam, dan IHSG kemarin, terdapat kemungkinan besar bahwa DJI dan IHSG akan memulai wave ke 3-nya. Pada gambar diatas dapat dilihat, bahwa wave 3 ditandai dengan market yang kuat, lebar, dan kondisi fundamental yang mulai membaik. Jadi kedepan, analis fundamental yang mulai ragu-ragu akan pendapat bearishnya, akan mulai mengubah pendapatnya menjadi sedikit lebih bullish, atau malah berubah 180 derajat menjadi bullish.

Menurut perkiraan saya sih… Analis fundamental biasanya baru berubah pendapat, jika wave 3 sudah terkonfirmasi. Artinya, jika IHSG mampu menembus titik tertinggi dari wave pertama (dalam hal ini, jika IHSG mampu menembus kisaran 1470 – 1500).. disaat itu nanti, sebentar lagi.. para analis fundamental mulai akan berubah menjadi bullish. Ini sesuai dengan karakteristik dari wave 3: Kuat, lebar, dan didukung oleh fundamental yang terbaik (lihat gambar di atas). Kapan? Bisa minggu ini, bisa minggu depan. Dan dilihat dari posisi DJI semalam, dan juga posisi IHSG kemarin, saya kira akan banyak analis fundamental yang mengikuti jejak JP Morgan dalam melakukan market outlook upgrade.

Dow akan bergerak menuju level 10.000 dalam waktu dekat. IHSG akan bergerak naik menuju 1610 (jika tidak extended), atau bahkan 1750 – 1850 (jika extended). Mari kita manfaatkan kenaikan ini dengan sebaik-baiknya.

Happy trading, semoga untung!!!

Satrio Utomo
Trader – Technical Analyst.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: