Ilmu Saham | ISX Stock Market Resource Center

Kiat Mudah Portofolio 70:30

Posted in from CLUB, Investing Resources by ilmusaham on April 10, 2008

Selamat pagi semuanya,

Kemaren hari yang cukup menggemparkan, saya sendiri tidak melihat market tapi saya mengetahui hal ini dari banyaknya e-mail yang masuk (ada 30 an) yang menanyakan tentang tindakan selanjutnya …. Apakah BELI ? Apakah JUAL ? bahkan ada yang nawarin saya untuk beli sahamnya semua ??? Beberapa rekan saya, terutama Ibu-ibu, ada yang cerita kalo dalam bulan ini akan ada pembayaran uang sekolah dsb yang masih nyangkut di saham.

Cuma sedikit sharing aja, sebenernya kan apa yang terjadi hari ini merupakan hasil akumulasi dari tindakan kita tiga bulan atau bahkan satu tahun di belakang ??? Dan itu sudah pasti hampir tidak bisa kita ubah. Sekarang yang jadi concern adalah BAGAIMANA KE DEPAN ? Tulisan ini setidaknya sebagai hasil sharing saya dari membaca buku dan telah menerapkannya dalam portofolio saya.

Untuk menjamin keberhasilan dalam dunia investasi hal yang penting adalah PERENCANAAN. Bagi seorang trader maka tentu ada trading plan, sementara untuk berinvestasi maka kita perlu membagi portofolio yang terdiri dari Saham, obligasi dan money market (deposito, atau setara cash lainnya). Untuk kebanyakan dari kita katakanlah komposisinya sebesar 70:30 atau tergantung dengan preferensi resiko. Untuk yang masih muda tentu kita bisa mengambil resiko lebih tinggi, sementara untuk yang lebih tua sebaiknya mengurangi resikonya.

Bagaimana KIAT 70:30 ini ? Kita ambil contoh misalnya kita memiliki uang sebesar 100 juta. Maka portofolio awal (kapanpun masuknya) setidaknya sebagai berikut :

KONDISI PORTOFOLIO AWAL
jv-image003

Komposisi ini harus dipertahankan dalam kondisi pasar bagaimanapun dengan masa pengecekan rutin sekitar 6 bulan sekali. Jika misalnya saat pengecekan rutin pasar menjadi Bearish (HANCUR) dan pasar saham turun hingga 25% maka portofolio yang kita miliki akan menjadi sebagai berikut :

KONDISI PORTOFOLIO SAAT BEARISH
jv-image004

Dari portofolio tersebut kita perlu melakukan REBALANCING agar kebijakan 70:30 tetap ada. Hasil rebalancing menjadi sebagai berikut :

PENERAPAN 70:30 RULE
jv-image005

Ya, rebalancing dilakukan dengan mengurangi porsi cash menjadi saham atau dengan kata lain adalah melakukan pembelian saham. Ok, sekarang bagaimana bila kondisi pasar BULLISH saat pengecekan, kita katakan kenaikan mencapai 25%. Kondisi portofolio yang kita miliki akan menjadi :

PORTOFOLIO SAAT BULLISH
jv-image007

REBALANCING KEMBALI DILAKUKAN, maka akan menjadi :

PENERAPAN 70:30 RULE
jv-image009

REBALANCING dilakukan dengan melakukan penjualan saham dan memindahkan sebagian dananya ke dalam pasar obligasi dan pasar uang. Istilahnya menyelamatkan profit dengan tetap menghindari diri dari INFLASI.

Cara dan komposisi portofolio seperti ini dapat membantu kita untuk tidak kaget atau ikut terbawa emosi menghadapi fluktuasi market, apalagi seperti saat ini. Langkah ini juga membantu kita untuk menerapkan strategi BELI di SAAT MURAH dan JUAL di SAAT MAHAL yang diajarkan BUFFET. Tidak ada satu orangpun di dunia yang bisa menebak ke mana arah pasar, apakah naik atau TURUN. Tapi yang pasti keputusan hari ini tentu mempengaruhi NILAI INVESTASI KITA di masa depan.

Saya pribadi saat ini ada yang nyangkut di saham, akan tetapi total kerugian saya terhadap TOTAL portofolio masih di bawah 3%. Market belum menentu, saat ini harga obligasi juga menurun dengan yield yang meningkat. Di sisi lain itu berarti yield saya di pasar obligasi meningkat dan tentu saja di pasar uang juga meningkat. Cuma saya juga sedikit terselamatkan karena istri yang agak konvensional sehingga saat ini hampir 40% investasi ada di obligasi, money market, dan tanah serta rumah ….. Padahal waktu dulu 100% SAHAM (Kan belum kawin). Sesudah kawin, tentu profil resiko harus dikurangi. Kira-kira begitulah ….

Kiat memilih obligasi dan money market nanti saya coba bahas dalam tulisan lainnya.

Semoga membantu.

JV

Source: Jhon Veter

Tagged with: , ,

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: