Ilmu Saham | ISX Stock Market Resource Center

My Investing eLifestyle

Posted in My Corner, Shared Lessons Learned by ilmusaham on March 29, 2008

Saya terjun ke dunia investasi saham sejak Januari 2006. Semester pertama saya babak belur bersama account adik saya yang waktu itu dititipkan ke saya, sangat stressful dan fear terus menerus….

Kemudian saya memulai mendalami ilmu-ilmu seluk beluk saham, terutama Technical Analysis. Semester kedua mulai pemulihan. Mulai terbiasa membuat trading plan, memonitoring trade apakah sesuai plan, dst…

Tapi apakah saya harus melototin monitor komputer saya terus untuk menjalankan dan memonitor trading plan saya? Apakah ada cara yang lebih nyaman? Bagaimana seandainya ada software aplikasi saja yang memonitor bursa untuk saya, dengan makanisme jika rules trading plan saya match, aplikasi kirim message ALERT ke saya?

Kebetulan saya dan dua adik saya, Rudhi yang senior consultant di IBM dan Tony yang head of development di Nokia Siemens Network sepakat untuk develop aplikasi tersebut.

Rudhi yang lead dan sekaligus Arsitek sistemnya, setelah selesai kami test usabilitasnya sampai performasinya. Akhirnya setelah aplikasi tersebut selesai, aplikasi tersebut kami operasikan😉

Mekanisme kerja nya begini:

  • Malam hari kami membuat trading plan, setelah jadi, kami input ke Aplikasi Stock Monitoring & Alert Engine kami. Isinya adalah kriteria price dan atau volume dan isi message yang berupa to-do action.
  • Pada saat bursa buka dan running, aplikasi itulah yang memonitor bursa.
  • Jika ada Kriteria yang match, aplikasi mengirimkan alert ke PC dan ke HP melalui Instant Messenger.
  • Kami memakai Gtalk, untuk PC kami pakai desktop Gtalk dan untuk HP kami pakai dua HP yang pertama memakai Agile Messenger dan yang kedua memakai Slick.

    Kriteria dari Trading Plan kami apa saja yang kami implemen ke Mesin monitoring bursa dan Alert engine kami?

    Berikut yang biasa kami terapkan:

    Alert Entri.
    Ada dua, yaitu

  • alert entri point untuk port saham long term kami dengan pola bargain hunting jika bursa koreksi / sideways dan
  • alert entri breakout point untuk saham porsi medium term (s/d 3 bulanan) saat bursa strong bull, kami memakai darvas breakout sistem. Kami biasa entri jika kriteria terpenuhi atau average up menambah posisi jika ternyata breakout terus…
  • Alert Profit Taking
    Kami implemen kriteria target profit taking, aplikasi akan kirim alert jika time to sell🙂

    Alert Trailing Stop
    Untuk Alert Trailing Stop, kami update saat bursa running, kami update via Instant Messenger dari HP kami. Alert ini kami entri ke aplikasi jika ternyata target profit taking berhasil breakout dan kami memutuskan untuk “Let the Profit Run” dengan Trailing Stop ketat. Kriteria alert nya kami geser-geser sesuai pergerakan harga ke atas.

    Alert Stop Loss
    Alert ini kami maintain ke aplikasi, jika ada posisi Entri/Hold yang ternyata harganya turun dan mengenai titik Stop Loss, maka setelah menerima alert kami buru-buru Exit dari posisi.

    Kalo semua kriteria di entri ke sistem, ada berapa jenis alert yang di load aplikasi? Hehe…, iya…. kami biasa meng-entri sampai ratusan alert ke aplikasi.

    Jadi si aplikasi lah yang bekerja, jika ada prospek entri yang terjadi dan match dengan kriteria trading plan kami, maka alert dikirimkan ke PC/HP dimanapun kami berada.. Tidak peduli lagi meeting, lagi jalan ke luar kota, lagi mudik, lagi liburan di gunung sekalipun, aplikasi terus menerus bekerja.

    Kami tinggal menunggu alert datang, seperti orang menyebar pancing… Jika ada alert datang ibarat ada ikan yang memakan kail kami, saat itulah kami dengan serta merta buru-buru mengambil ikannya.

    Khusus untuk alert entri terhadap prospek baru, walaupun banyak alert yang kami terima, kami tidak selalu meng-eksekusi entri jika jenis stock nya terlalu risky…

    Sejak menerapkan sistem seperti itulah, hidup kami menjadi nyaman dalam berinvestasi saham🙂. Aplikasi tersebut sampai sekarang kami berdayakan, berarti sudah 2 tahunan kami pakai…

    Dan tahukah anda, kami yang juga sebagai application developer, dari semua aplikasi yang pernah kami develop, aplikasi inilah yang mendatangkan value paling besar kepada kami.

    Sebagai gambaran, pada kurun waktu Mar s/d Nov 2007 saja, saya sudah menikmati gain, dengan mengambil profit Mar s/d Nov 2007 dan dana saya gunakan untuk membeli rumah kedua yang sekarang saya tempati🙂 Belum lagi profit-profit adik saya yang juga memakai aplikasi tersebut.

    Key success nya adalah malam hari kami bekerja, harus rajin membuat PR trading plan dan memantain Content alert dari aplikasi kami.

    Keesokan harinya, kami nikmati trade saham nya secara mekanikal tanpa emosi, jika ada alert datang just action. Jadi lebih nyaman tidak perlu melototin monitor dan fokus. Juga pola ini sangat meminimalkan faktor psikologis fear and greed.

    Regards.
    Budi Wiyono

    Leave a Reply

