Ilmu Saham | ISX Stock Market Resource Center

Tantangan untuk Trader: Mengubah diri menjadi Investor

Posted in from Stock Expert by ilmusaham on April 6, 2009

Artha Graha, 6 April 2009

Selamat pagi…

Trader berbeda dengan Investor. Ini telah sering saya bahas dalam berbagai notes saya sebelumnya. Trader lebih berorientasi jangka pendek, dan keuntungan (harus selalu untung malahan, 100% tidak mau rugi). Sedangkan Investor, lebih berorientasi jangka panjang, dan ke-’masuk akal’-an (nahan posisi rugi gpp, yang penting masuk akal).

Akan tetapi, dalam kondisi market yang tengah memasuki wave ke 3 seperti ini. Tantangan untuk seorang trader adalah berbeda. Dalam sebuah trend yang kuat, seorang trader dituntut untuk bisa selama mungkin menumpang (riding) pada trend naik itu. Dalam kondisi seperti ini, seorang trader dituntut untuk bisa menahan posisi beli selama mungkin. Mengubah kebiasaan dari beli-jual dengan menahan dalam waktu singkat/cepat, menjadi beli, dan terus membeli, dan terus membeli selama tidak ditemui adanya trend reversal. Dari ‘beli-jual-beli-jual-beli-jual’, menjadi ‘beli-beli-……-beli-jual’.

Ya. Posisi jual hanya dilakukan jika didapati adanya trend reversal. Selama tidak ada tanda reversal, teruslah beli, tambah posisi, (kalau perlu dan anda sudah merasa skill anda cukup) gunakanlah margin. Tapi jangan lupa untuk terus juga menaikkan posisi stoploss.

Jadi untuk posisi minggu ini:

  • Selama IHSG tidak ditutup dibawah 1477 – 1494, atau DJI tidak ditutup dibawah 7850, terus lakukan akumulasi. Potensi kenaikan IHSG dan DJI masih cukup luas. Masih lebih dari 20%.
  • Untuk sementara, fokus tetap pada ’9 Kunci Kemenangan Plus’ (TLKM, BBRI, BMRI, ASII, PGAS, AALI, UNTR, PTBA, dan INCO, plus BBCA dan LSIP).
  • Pembelian/akumulasi atas saham-saham lapis dua/tiga (terutama sektor properti) sudah mulai bisa dilakukan, akan tetapi, sektor ini sepertinya baru menunjukkan volume yang besar pada minggu ketiga – keempat bulan April ini.
  • Jika anda kepingin lebih spesifik, fokus pada emiten penghasil CPO dan komoditas lainnya. Sektor infrastruktur (TLKM dan PGAS) bisa menjadi pilihan sekunder. Untuk sektor perbankan, harga akan juga bergerak naik, tapi sepertinya hanya sejalan dengan kenaikan IHSG.
    * Jika anda menggunakan margin, jangan lupa untuk terus menaikkan posisi stoploss setiap kali anda melakukan penambahan posisi.

At the end of the day: market masih akan naik, dengan potensi kenaikan yang cukup besar. Beli saham apapun juga semestinya naik. (Kecuali (mungkin) jika anda membeli saham MYRX-P, atau saham-saham pilihan Ferry Latuhihin… hehehehe). Just keep buying, but dont forget to raise your stoploss everytime you add your position.

Happy trading, semoga untung!!!

Satrio Utomo
Trader – Technical Analysis

About these ads

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: